Gara-gara internet positif atau masalah dengan situs maka akan diblokir oleh pemerintah dan operator. Contohnya aja kasus politik 2019, barusan pemerintah atau pihak provider memblok semua medsos dari FB, Insta dan WA.

Pengguna internetpun gusar, beredar kuat ada aplikasi yang bisa ngebuka blokiran daro operator dan pemerintah. Virtual Private Network atau VPN diburu oleh para pengguna internet. Hasilnya  situs atau media sosial bisa kebuka oleh VPN yang Agan instal di Android ataupun Laptop.


Perlu Agan ketahui juga VPN adalah suatu layanan untuk Agan akses melalui website secara aman  dan pribadi. VPN akan mengubah jalan koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data internet.

Server VPN bekerja untuk meneruskan koneksi Agan ke website yang akan akan akses. Maka terjadilah koneksi yang Agan lakukan akan dibaca sebagai koneksi jaringan server VPN bukan jaringan selular atai wifi yang Agan digunakan.

Ketika Agan menggunakan jaringan tanpa VPN, koneksi yang dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. Jika Agan sudah menggunakan VPN,  koneksi akan terenkripsi karena melalui VPN server.

Ada beberapa manfaat dari VPN, Agan dapat menggunakan VPN untuk melakukan remote access. Remote access mengizinkan kita mengakses internet menggunakan jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet.